Corporate Social Responsibility

Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility)

Pelajaran 0 Comments

Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility) – Kali ini akan membahas definisi CSR (Corporate Social Responsibility) dan fungsi, elemen dan manfaat. Saya harap Anda menyukai diskusi ini kali ini. Hanya dengan

Definisi CSR (Corporate Social Responsibility)

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) adalah mekanisme perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan keprihatinan tentang lingkungan sosial dalam operasi dan interaksinya dengan para pemangku kepentingan, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum. Secara sederhana, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan tindakan perusahaan adalah konsep tanggung jawab untuk lingkungan sosial dan sekitarnya tempat perusahaan didirikan.

Misalnya, untuk mengambil tindakan yang dapat meningkatkan minat masyarakat sekitar, membangun fasilitas umum, itu memberikan beasiswa untuk anak-anak yang kurang beruntung, dan memberikan bantuan keuangan untuk kepentingan banyak orang pada umumnya dan masyarakat di sekitar perusahaan pada khususnya.

Corporate Social Responsibility

Pada dasarnya, CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan atau pemangku kepentingan, yang mengatakan bahwa CSR memiliki 3 definisi, yaitu:

  • Membuat tindakan sosial, termasuk peduli terhadap lingkungan yang lebih dari perlu atau perlu dalam undang-undang dan peraturan.
  • Komitmen bisnis yang etis dan berfungsi secara hukum yang berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi serta meningkatkan kualitas hidup karyawan termasuk keluarga mereka, komunitas lokal, dan masyarakat umum.
  • Komitmen bisnis untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan. keluarga pekerja, komunitas regional tertentu, serta masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

CSR (Corporate Social Responsibility) terkait erat dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di mana perusahaan harus ditentukan oleh kegiatannya. tidak hanya fokus pada aspek ekonomi (keuntungan) tetapi juga dampak sosial dan lingkungan yang potensial dari keputusan ini.

Fungsi CSR (Corporate Social Responsibility)

Secara umum, fungsi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah bentuk tanggung jawab perusahaan untuk berbagai pihak yang terlibat dan yang secara langsung dan tidak langsung memiliki dampak langsung pada kegiatan perusahaan.

Dengan memberi perhatian lebih kepada pihak-pihak ini. Sementara CSR meninggalkan fungsi untuk perusahaan jika dibiarkan lebih lama, termasuk yang berikut:

1. Lisensi Sosial untuk Beroperasi (Lisensi Sosial beroperasi)

Dalam kasus perusahaan, masyarakat adalah salah satu faktor yang membuat perusahaan bergerak atau sebaliknya. Dengan CSR, masyarakat sekitar akan mendapat manfaat besar dari keberadaan perusahaan di lingkungan mereka. Jadi secara alami masyarakat akan dapat memperoleh manfaat darinya dan akan bergantung pada mereka yang memiliki kepemilikan dari waktu ke waktu. Jika perusahaan cenderung dapat melakukan kegiatan bisnisnya di daerah.

2. Pengurangan Risiko Bisnis Perusahaan

CSR akan meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pihak-pihak yang terlibat, sehingga risiko bisnis seperti kerusuhan terhadap pendirian perusahaan dapat dikurangi. Jika demikian, biaya transfer risiko dapat digunakan untuk menjadi lebih bermanfaat bagi perusahaan dan masyarakat.

Lihat Juga :