Mulai Hidup Aktif Untuk Yang Malas Berolahraga

Kesehatan 0 Comments

Orang yang belum pernah atau belum pernah sebelumnya mungkin bingung harus mulai dari mana. Tetapi apa pun alasan Anda untuk memulai gaya hidup yang antusias, Anda tidak boleh melompat pada olahraga yang kuat atau intensitas tinggi, misalnya mengangkat beban. Ingat pepatah yang berbunyi “Perlahan Menjadi Gunung,” kan? Berikut adalah beberapa tips untuk memulai olahraga yang baik.

Bangun motivasi Anda terlebih dahulu

Semangat olahraga
Pertama-tama, Anda harus berkomitmen terlebih dahulu untuk mendapatkan tujuan yang ingin Anda mulai. Alasannya, penelitian tersebut mengatakan bahwa motivasi olahraga yang dipadukan dengan rencana kegiatan aktual akan lebih sukses.

Misalnya, tuliskan kegiatan yang Anda rencanakan untuk 4 minggu ke depan. Dimulai dengan aktivitas fisik yang akan Anda lakukan, berapa lama Anda melakukannya dan kapan Anda akan menyelesaikannya.

Rencana kegiatan ini akan menjelaskan apa yang harus Anda lakukan dan membiarkan Anda melihat dan menganalisis kemajuan Anda setelah memulai olahraga.

Lalu, bagaimana cara memulai latihan?

Ketika Anda mengalami kesulitan atau tidak tahu harus mulai dari mana, bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan Anda tentang rencana latihan Anda. Kemudian, mulailah dengan memasukkan lebih banyak kegiatan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sebagai contoh, contoh sederhana berikut ini adalah:

Saat pergi ke kantor, cobalah naiki tangga alih-alih tangga atau lift.
Jika Anda menggunakan transportasi umum, berhenti di halte bus atau yang jaraknya tidak jauh dari kantor. Jarak yang tersisa ditempuh dengan berjalan santai.
Anda juga bisa berjalan-jalan atau naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.
Saat berlibur, alih-alih hanya menonton TV sepanjang hari, Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan di taman, mencoba berenang, atau jogging di pagi hari.
Terkadang perubahan kecil dalam rutinitas harian Anda dapat membantu Anda menjadi lebih aktif dalam olahraga. Alih-alih berjalan ke gym atau berjalan-jalan, cobalah berjalan dengan nyaman atau berjalan di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal.

Secara bertahap tubuh beradaptasi dengan kegiatan yang Anda lakukan. Setelah itu, Anda kemudian dapat beralih ke olahraga yang lebih berat, seperti angkat berat, atau bahkan pembentukan otot.

Berapa lama Anda berolahraga? Apa yang bisa dilakukan?
Untuk berlari
Menurut pedoman WHO, Anda dianjurkan untuk berlatih secara moderat selama 150 menit seminggu. Tetapi jika Anda ingin berolahraga, Anda bisa melakukannya hanya dalam 75 menit.

Selama latihan, Anda tidak harus memaksakan diri untuk berolahraga. Cobalah berbagi beberapa sesi dalam satu hari. Kemudian, American Heart Association (AHA) merekomendasikan hal berikut:

Berolahraga secukupnya selama 150 menit seminggu, atau hanya 30 menit setiap hari. Ini bisa dilakukan dengan bersepeda atau berjalan cepat di sekitar lingkungan rumah.
Untuk olahraga berat, cukup lakukan 25 menit sehari. Di sini Anda dapat melakukan latihan seperti angkat besi, muaythai, atau bahkan bermain sepak bola atau futsal.
Fokus pada satu jenis latihan terlebih dahulu
Fokus pada yang pertama atau satu jenis aktivitas yang ingin Anda lakukan, dan jangan berkecil hati dengan tujuan yang belum Anda capai.

Saat kekuatan tubuh Anda meningkat, Anda akan mengalami banyak kegiatan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Setelah itu, Anda dapat mengubah berbagai jenis dan gerakan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan menghindari kejenuhan. Misalnya, Anda dapat meningkatkan latihan kekuatan dan fleksibilitas.

Berolahraga dan fleksibilitas 2 hingga 3 hari seminggu di samping latihan utama yang Anda lakukan.

Undang teman atau keluarga ke acara olahraga
Terkadang berolahraga sendirian membuatnya terlambat dan Anda tidak bertahan lama. Jadi untuk menjaga semangat, ajak teman atau anggota keluarga untuk berolahraga bersama. Dengan teman latihan, Anda bisa lebih antusias dan bahkan menantang diri sendiri agar tidak terjatuh.

Jika sulit mengendalikan diri, gunakan layanan pelatih atau pelatih pribadi yang dapat membantu Anda berlatih olahraga secara teratur.

Singkirkan gagasan timbangan. Anda harus ingat, ini bukan tentang bagaimana Anda menurunkan berat badan, ini tentang kesehatan Anda.

Baca Juga :