Manfaat puasa untuk kesehatan jantung

Kesehatan 0 Comments

Puasa Ramadhan diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu kelebihan puasa adalah menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai serangan penyakit jantung kronis. Jadi bagaimana puasa dapat mengurangi risiko penyakit jantung? Lihat penjelasan di bawah ini.

Manfaat puasa untuk kesehatan jantung

Penelitian dari Intermountain Medical Center Heart Institute menjelaskan bahwa puasa dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dan mencegah diabetes. Kedua kondisi ini, jika kolesterol tinggi atau diabetes benar-benar dapat menyebabkan penyakit jantung. Jadi jika Anda perlu menghindari kedua risiko jika Anda tidak ingin mengalami penyakit jantung.

Selama puasa, tubuh terasa sangat lapar dan akhirnya mengalami stres. Ini membuat tubuh lebih gemuk untuk digunakan sebagai bahan energi, sehingga tidak lagi lapar.

Jelas ini mengurangi berat lemak tubuh, sehingga seiring waktu tingkat lemak total tubuh menurun. Kondisi ini dapat mengurangi risiko penumpukan plak di pembuluh darah sebagai prekursor penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

Keuntungan lain dari puasa adalah membuat tubuh lebih “bijaksana” dalam menggunakan gula, sehingga dapat mencegah tubuh mengalami resistensi insulin yang mengarah pada diabetes mellitus. Jika kondisi metabolisme gula terkontrol dengan baik, tubuh akan jauh dari risiko penyakit jantung.

Mengacu pada halaman Mayo Clinic, orang yang mengikuti puasa dengan diet sehat memiliki kesehatan jantung yang lebih baik daripada orang yang tidak. Ini mungkin karena orang yang berpuasa secara teratur mengendalikan diri atas apa yang ingin mereka makan dan minum.

Orang yang berpuasa cenderung mengendalikan perilaku sehingga mereka juga bisa mengendalikan berat badan. Jika berat badan bisa dikontrol, kemungkinan penyakit jantung berkurang.

Puasa juga memiliki efek menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang terkontrol ini akan menyelamatkan Anda dari risiko penyumbatan di arteri di jantung.
Kiat puasa menjaga kesehatan jantung

Meski puasa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, tetapi semua yang akan Anda dapatkan jika memilih makanan yang tepat saat puasa.
1. Sesuaikan ukuran makanan Anda

Seberapa banyak Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk memeriksa porsi makan. Pastikan semua komponen kelompok makanan ada di piring Anda dalam jumlah yang sesuai. Sayuran mengisi setengah piring. Seperempat dari sumber karbohidrat adalah seperempat sisanya untuk lauk. Jangan lupa untuk memasukkan buah-buahan di setiap matahari terbit atau mematahkannya dengan cepat.
2. Makan lebih banyak sayur dan buah

Sayuran dan buah adalah sumber vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan juga rendah kalori dan tinggi serat. Bahan-bahan ini membantu tubuh mencegah penyakit jantung. Makan lebih banyak sayuran dan buah juga membuat Anda bisa mengurangi makanan berkalori tinggi.
3. Pilih sumber karbohidrat dengan gandum utuh

Gandum utuh atau biji-bijian adalah sumber serat yang sangat baik yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Misalnya, pilih tepung terigu utuh, roti gandum, gandum, beras merah.
4. Batasi lemak tidak sehat

Batasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans ketika mereka cepat rusak dan saat fajar. Sangat penting untuk membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan plak di pembuluh darah yang disebut atherosclerosis, yang dapat dengan aman meningkatkan risiko tertular penyakit jantung seperti serangan jantung atau stroke.

Misalnya, pilih sumber lemak dari alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, minyak canola.
5. Pilih protein rendah lemak

Pilih protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak atau berlemak, ikan, telur, kedelai, tahu, tempe, susu skim atau rendah lemak. Memilih sumber protein rendah lemak membantu tubuh mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Baca juga: