Langkah Mudah Mencegah Jerawat Kambuh

Ragam manfaat 0 Comments

Jerawat adalah masalah keras kepala bagi banyak orang. Selain sakit, jerawat juga mengganggu penampilan dan kurang percaya diri. Tenang Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk mencegah jerawat. Cari tahu lebih lanjut di artikel ini.

Cegah munculnya jerawat dalam delapan langkah

1. Cuci wajah Anda dengan rajin
Mencuci wajah dua kali sehari setiap hari, setiap pagi dan sore sebelum tidur, adalah langkah paling penting untuk mencegah jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu dari makeup, keringat dan debu jalan menggunakan toner pembersih.

Yang penting untuk diperhatikan, pastikan Anda menggunakan sabun cuci muka berdasarkan jenis kulit di wajah Anda. Misalnya, jika wajah Anda berminyak, gunakan pembersih gel atau busa, sedangkan jika kulit Anda kering, gunakan krim atau lotion.

Rajin mencuci wajah dengan pembersih yang tepat bisa menjadi langkah mendasar untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Eksfoliasi kulit
Hidup di negara tropis seperti Indonesia, yang sangat panas dan lembab, dapat membuat kulit kering rentan terkelupas. Jika dibiarkan sendiri, lapisan sel kulit mati dapat menutup pori-pori dan bercampur dengan keringat, minyak dan debu sehingga tumbuh menjadi jerawat.

Kemudian eksfoliasi wajah Anda secara teratur untuk mengelupas kulit Anda. Pengelupasan juga berguna untuk mengencangkan pori-pori dan menyegarkan kulit. Kulit Anda akan bersinar, sehat dan tanpa jerawat.

3. Gunakan tabir surya setiap hari
Salah satu perawatan wajah yang penting untuk mencegah jerawat adalah penggunaan Suncreen atau tabir surya karena sinar matahari dapat menimbulkan efek serius jika secara langsung mempengaruhi kulit. Jadi, jika Anda baru saja mengeksfoliasi kulit Anda sebagai langkah untuk mencegah jerawat di atas, Anda harus menggunakan tabir surya.

4. Jangan sering menyentuh wajah Anda
Siapa yang suka menyentuh wajah? Ya, kebiasaan ini secara tidak sadar sangat rentan menyebabkan jerawat. Sebab, di tangan ada bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Tak jarang bakteri bisa berpindah ke kulit dan akhirnya menyebabkan jerawat. Jadi Anda harus menghindari menjaga wajah Anda sebanyak mungkin tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

5. Pertahankan asupan makanan yang sehat
Menjaga pola makan sangat penting untuk kesehatan kulit. Alasannya adalah bahwa orang yang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi lebih mungkin untuk terkena jerawat daripada mereka yang tidak. Contoh makanan atau minuman dengan indeks glikemik tinggi adalah keripik, makanan panggang yang menggunakan tepung putih dan minuman ringan. Makanan dan minuman ini cenderung kurang bergizi tetapi dapat dengan cepat meningkatkan gula darah. Adalah ide yang baik untuk mulai makan makanan seperti sayuran, buah-buahan dan makanan yang dikukus atau direbus. Jangan lupa bahwa asupan cairan tubuh Anda cukup untuk membuat setiap organ tubuh berfungsi dengan baik.

6. Jangan sering menggunakan makeup
Sangat menggoda untuk menutupi jerawat dengan riasan. Namun, Anda tentu tahu, apakah itu bisa memperburuk jerawat. Karena itu disarankan untuk menggunakan riasan sesering dan setipis mungkin. Riasan wajah juga bisa sering menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya memecah jerawat.

7. Periksa stresnya
Jerawat dapat muncul ketika Anda stres karena hormon tubuh yang tidak seimbang. Untuk mencegah timbulnya hormon, periksa tingkat stres Anda dengan tidak lupa melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia di tengah-tengah program intens Anda. Misalnya, mendengarkan musik, bermeditasi, membaca buku, berkunjung, menonton film komik. Banyaklah tersenyum dan tertawa, karena tertawa pun bermanfaat bagi kesehatan Anda.

8. Olahraga
Olahraga dapat membantu mengurangi stres yang sering menyebabkan jerawat. Selanjutnya, aktivitas fisik dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi yang menjaga kesehatan dan mencegah jerawat.

Juga, perlu diingat bahwa Anda perlu segera mengeringkan diri dan mandi setelah berolahraga. Ini mencegah jerawat dari keringat dan pakaian kotor setelah berolahraga.

Baca juga :