Begini cara memulai hidup sehat selama puasa

Kesehatan 0 Comments

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam akan menderita puasa sebulan. Tentunya ada banyak rencana untuk berbuka puasa bersama dengan saudara-saudaraku tersayang. Berbuka puasa bersama menyebabkan seseorang makan apa yang mereka inginkan tanpa memperhatikan nutrisi yang dikandungnya. Tentu saja, ini yang membuat tubuh benar-benar tidak sehat saat puasa. Apakah Anda ingin tubuh Anda tetap sehat selama puasa? Kami melakukan beberapa kebiasaan ini agar tubuh menjadi lebih sehat selama puasa.

Begini cara memulai hidup sehat selama puasa

1. Olahraga teratur

berolahraga untuk kesehatan tulang selama puasa

Berpuasa bukanlah halangan bagi Anda untuk berhenti berolahraga. Anda dapat terus berlatih seperti biasa atau mulai berlatih selama puasa. Olahraga bisa menjadi gaya hidup sehat selama puasa yang bisa Anda mulai.

Jika saat Anda berpuasa, rileks di rumah dan tidur sepanjang hari sampai waktu menjelang berbuka puasa, itu akan membuat tubuh lebih lembut. Karena itu, walaupun Anda sedang berpuasa, tetaplah aktif agar puasa Anda dapat berjalan dengan lancar.

Ketika Anda berlatih selama puasa, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan latihan yang berat, cukup ringan, tetapi lakukan secara teratur. Anda dapat berlatih selama beberapa jam sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa.
2. Hindari makan gorengan, makanan asin dan makanan manis

Goreng, makanan dan minuman manis seperti ciri khas menu buka puasa. Makanan ini sangat enak dimakan saat puasa istirahat. Namun, ternyata makanan ini bisa membuat puasa Anda lebih sulit keesokan harinya.

Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula dapat memengaruhi berat badan Anda. Selain itu bisa juga membuat Anda menjadi lemah dan apatis dengan tergesa-gesa. Makanan asin sama buruknya, karena bisa membuat Anda lebih haus. Jelas ini akan mengganggu puasa Anda sepanjang hari.

Karena itu, adalah mungkin untuk memulai kehidupan yang sehat selama puasa tanpa mengkonsumsi makanan berlemak, asin dan manis yang berlebihan. Makan makanan ini dapat mengurangi kualitas puasa, sehingga Anda menjadi kurang bersemangat untuk melakukan hari-hari puasa.

Cobalah menggabungkan makanan dari semua kelompok makanan utama, termasuk buah-buahan dan sayuran, beras dan alternatif, daging dan alternatif. Makan makanan kaya serat selama bulan Ramadhan juga baik karena dicerna lebih lambat dari makanan olahan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
3. Minumlah air yang cukup

minum air

Selama puasa, perlu untuk menjaga cairan tubuh agar tetap terhidrasi. Kekurangan cairan saat puasa bisa membuat Anda lemah saat puasa.

Pastikan untuk terus minum delapan gelas selama puasa dan puasa. Anda dapat membaginya menjadi dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sebelum tidur dan dua gelas saat fajar. Atau Anda dapat mengembangkannya sesuai dengan selera Anda, hal yang paling penting adalah bertemu setidaknya delapan belas hari ketika Anda istirahat.

Cairan yang bisa Anda konsumsi termasuk sirup, jus, dan sup. Namun, air adalah pilihan terbaik untuk Anda. Anda juga harus mengurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman ringan. Minuman kafein ini memiliki efek diuretik yang dapat membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan.
4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

vitamin C dan seng untuk puasa

Selama berpuasa, Anda bisa makan dan minum hanya dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Ini membuat pengalaman mengalami perubahan fungsi tubuh, salah satunya adalah penurunan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat diperlukan agar tubuh tetap kuat saat puasa. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama puasa adalah vitamin C dan seng.

Vitamin C dan seng diperlukan bagi tubuh untuk membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan gaya hidup selama puasa. Anda perlu mengonsumsi lebih banyak vitamin C dan seng yang dapat dimulai sebelum Anda mulai berpuasa untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi perubahan.

Vitamin C dan seng sama-sama berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tetap kuat dan halus dalam berpuasa.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dan seng dari berbagai sumber makanan. Buah dan sayuran yang memiliki vitamin C tinggi termasuk mangga, jeruk, pepaya dan melon, brokoli, kembang kol dan tomat. Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan sumber makanan yang mengandung seng dari daging sapi, ayam, bayam dan berbagai jenis ikan.

Atau Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan seng untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda.

Baca juga :